9 Tips Membeli Laptop Baru Dan Bekas Agar Tidak Tertipu

Myspesifikasilaptop.comTips Membeli Laptop Baru – Sebelum kita membeli laptop baru atau bekas agar tidak tertipu, tentu saja ada hal-hal yang perlu di ketahui. Sehingga nantinya setelah membeli produk elektronik tersebut, tidak menyesal di belakang. Karena jika kita tidak punya pengetahuan mengenai barang elektronik ini, maka bisa-bisa ketika membeli barang tersebut dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, kita juga akan kesulitan untuk mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan pribadi, apakah untuk kegiatan office, gaming, ataupun design grafis.

Karena setiap jenis laptop di buat untuk kebutuhan berbeda-beda, sehingga kita harus bisa memilih laptop yang tepat dan pas dengan keperluan yg akan di gunakan. Jika kita membeli laptop untuk sekedar browsing atau kegiatan tulis-menulis saja, tentunya kita bisa membeli barang elektronik ini dengan harga murah dan tidak memerlukan laptop dengan spesifikasi tinggi.

Namun jika ingin membeli laptop untuk keperluan gaming atau design grafis, tentu saja kita harus mengeluarkan uang lebih banyak dari laptop biasa. Karena laptop jenis ini memerlukan spareparts yg berkualitas tinggi sehingga harganya lebih mahal.

Tips Membeli Laptop Baru

Namun yang terpenting adalah bagaimana caranya agar tidak sampai tertipu saat membeli laptop. Jika kita punya budget banyak, tentu saja akan memilih untuk membeli laptop baru di toko. Membeli laptop baru, memang cara yg terbaik untuk mendapatkan barang dengan sparparts orisinil dan setidaknya bisa menghindari penipuan. Namun, masih saja ada peluang bisa kena tipu jika kita tidak meneliti dengan cermat kondisi fisik serta sparepartnya.

Tips Membeli Laptop Baru Di Toko

1. Mengunjungi Beberapa Toko untuk Mengetahui Harga Pasaran

Mendatangi lebih dari 3 toko terdekat yang terkenal, kemudian bisa bertanya-tanya tentang harga laptop atau minta brosurnya agar bisa membandingkan harga dari semua toko tersebut. Hal ini perlu di lakukan, sehingga bisa mengetahui harga pasaran dan ketika kita membeli barang tersebut, harganya tidak terlalu mahal.

Selain itu, toko yang sudah terkenal akan melakukan pelayanan dengan baik kepada calon pembeli. Untuk selalu menjaga citra yg baik pada toko tersebut dan tidak akan mengecewakan pembelinya dengan melakukan penipuan atau pasang harga yg terlalu tinggi.

2. Meneliti Fisik Laptop

Periksalah dengan seksama pada layar laptop, apakah kondisinya masih baik ataukah ada kerusakan dengan melihat semuanya bagian-bagiannya, baik pada bagian tengah dan pada setiap sudutnya. Jika pada monitornya terdapat bintik-bintik kecil atau stuck pixel, lebih baik untuk tidak memilih laptop tersebut. Karena meskipun hanya satu titik, maka makin lama titik tersebut akan menjadi besar dan bisa merusak layar LCD.

Selain itu, perlu memperhatikan bagian-bagian lainnya, dengan meneliti seluruh bagian bodynya, apakah sudah terkena lecet ataukah terdapat cacat goresan. Hal ini untuk memastikan bahwa kondisi seluruh fisiknya benar-benar masih mulus dan tidak ada kerusakan sedikitpun.

3. Menguji Performa Mesin

Ketika menyalakan laptop, perhatikanlah seberapa cepat saat mesin melakukan booting Windows. Jika terlalu lama dalam star up ketika menampilkan Windows, maka perlu di waspadai. Jika sampai membutuhkan waktu lebih dari 2 menit, maka bisa di pastikan bahwa sparepartnya sudah tidak normal.

4. Memeriksa Keyboard

Tips Membeli Laptop

Mengetes tombol keyboard dengan memencetnya satu persatu, agar bisa mengetahui apakah semua tombol bisa berfungsi dengan baik ataukah terdapat tombol yg macet. Hal ini harus di lakukan, untuk memastikan bahwa semua tombol keyboardnya bisa berjalan normal dan tidak mengalami masalah.

5. Touchpad

Mainkan touchpadnya dengan jari telunjuk, sehingga kita bisa tahu apakah perangkat ini bisa berfungsi dengan normal atau tidak. Jika touchpadnya terasa sangat sensitif, maka bisa berarti kondisinya sedikit bermasalah. Hal ini memang tidak begitu penting, karena kita bisa menggantinya dengan menggunakan mouse.

6. Segel Laptop

Segel-segel laptop, terletak di bagian bawah dan banyak sekali macamnya. Untuk logo stiker yg asli dari pabriknya, tampilannya dalam bentuk hologram. Dan stiker yg berasal dari toko, berupa kotak-kotak angka untuk mengidentifikasi tanggal penjualan laptop tersebut.

Stiker-stiker lainnya bertebaran, ada yang terletak pada penutup baut casing, sebagai tanda bukti bahwa laptop tersebut memang kondisinya masih baru dan mesinnya belum pernah di bongkar. Ada pula stiker-stiker yg berada pada casing penutup baterai dan harddisk, untuk memperjelas bahwa laptop tersebut memang orisinil.

7. Cek Buku Garansi

Biasanya produsen laptop yg bagus, berani memberi waktu garansi yg lama, bisa 2 atau 3 tahun. Garansi laptop tersebut ada dua macam, yg pertama di berikan oleh pabrik pembuatnya, dan yg kedua di berikan oleh toko tersebut. Kita perlu menanyakan kedua hal ini, agar bisa mendapatkan kedua garansi tersebut. Karena biasanya pihak toko hanya akan memberikan garansi toko saja, tanpa memberikan garansi dari produsen laptop tersebut.

Kedua buku garansi tersebut harus kita dapatkan sebagai tanda bukti keaslian dan umur pembelian. Selain itu, sangat bermanfaat sekali jika nantinya kita mau menjual kembali laptop tersebut atau untuk berjaga-jaga apabila ada kerusakan.

8. Install Windows

Laptop yang sudah memiliki Windows dari pabriknya, memang jenis OS yg genuine dan terdapat logo di bagian bawah dengan menyertakan tanggal pembuatan dan serial numbernya. Namun OS yg berasal dari produsen, harganya sedikit lebih mahal. Kita bisa membeli laptop yang masih kosong untuk mendapatkan harga yg lebih murah. Kemudian melakukan sendiri penginstalan OS atau minta bonus kepada toko tersebut untuk menginstallkannya.

Biasanya pihak toko akan memberikan pilihan kepada pembelinya untuk pulang dahulu ketika laptop sedang di install, dan bisa mengambilnya nanti setelah selesai atau bersedia untuk menunggunya. Dalam hal ini, toko tersebut bisa melakukan aksi penipuan dengan menukarkan laptop yg sudah kita pilih dengan barang yg lain.

Jadi, kita tidak boleh meninggalkan laptop yg sudah kita bayar tersebut. Karena untuk menginstal Windows, hanya di perlukan waktu sekitar 1 sampai 2 jam. Lebih baik untuk menunggunya atau menginstall sendiri di rumah.

9. Meminta Bonus Pembelian

Kebanyakan, toko-toko laptop tidak mau memberikan bonus jika kita tidak memintanya. Karena itu, kita tidak perlu malu untuk meminta bonus ketika membeli laptop baru. Biasanya, bonus yg akan mereka berikan berupa mouse dan tas, ataupun barang-barang elektronik yg lain.

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Mengecek laptop second, tidak jauh berbeda dengan memeriksa laptop baru. Namun ada beberapa hal tambahan sebagai cara agar bisa terhindar dari korban penipuan. Kita harus lebih teliti lagi dalam melakukan pengecekan.

Tips Membeli Laptop Bekas

Hal utama yg harus di lakukan adalah, untuk melihat semua segel laptop, apakah segel-segel tersebut kondisinya masih asli atau sudah di ganti. Apabila segel yang berada di atas baut mesin sudah rusak atau berlubang, lebih baik untuk tidak membeli laptop tersebut. Karena segel yg telah rusak bisa berarti bahwa mesinnya sudah pernah bongkar pasang atau ada spareprats yg sudah di ganti. Jika kita membelinya, maka kerusakan tersebut bisa lebih parah lagi, lebih baik kita tidak membelinya.

Jika kondisi semua segelnya masih utuh dan tidak ada kerusakan, maka kita bisa melanjutkan pemeriksaan untuk mengecek performa mesinnya. Ketika laptop di nyalakan dan booting dalam menampilkan Windows sangat cepat, maka bisa berarti kondisi processornya masih bagus.

Setelah itu, melakukan pengecekan Hardidsk dengan mendengarkan suara mesinnya. Jika suaranya sangat halus dan tidak berisik, maka bisa di artikan bahwa Harddisknya masih bagus. Namun jika sampai terdengar ada suara gesekan-gesekan di dalam mesin, maka bisa di pastikan Harddisknya sudah tidak normal.

Untuk mengecek kecepatan RAM, kita perlu mencoba laptop tersebut dengan membuka file-filenya atau menjalankan aplikasinya. Jika file atau aplikasi yg kita buka bisa di tampilkan dengan cepat, maka kondisi RAMnya masih bagus. Namun jika loadingnya sangat lama, berarti keadaan RAM sudah tidak normal lagi.

Jika kita bisa teliti dalam melakukan pengecekan, tentu saja tidak akan pernah menjadi korban penipuan. Hal ini sangat penting untuk di ketahui sebagai tips ketika membeli laptop baru dan bekas agar tidak sampai tertipu. Sehingga kita tidak akan mengalami kekecewaan setelah mengeluarkan banyak uang.

Baca Juga :

hyden06
hyden06

9 Tips Membeli Laptop Baru Dan Bekas Agar Tidak Tertipu | | 4.9