Kenapa Laptop Cepet Panas? Berikut Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas / Overheat, Mati Sendiri dan Berisik – Di tengah berkembangnya teknologi dan komunikasi di abad ke-21 kemajuan PC / Laptop semakin canggih, beberapa produsen laptop berlomba-lomba terus mengembangkan produknya untuk menguasai pasar penjualan. Namun ditengah perkembanag teknologi yang semakin pesat, para konsumen sering kali mengabaikan cara penggunaan dan perawatan gadget yang telah dimiliki mereka hanya sibuk mencari informasi terbaru tentang perkembangan produk dari merk yang mereka sukai. Begitu juga dengan penggunaan laptop, para konsumen hanya memperhatikan perkembangan produk laptop yang terbaru dan tak menghiraukan cara penggunaannya yang benar. Akibatnya banyak pengguna laptop yang mendapatkan berbagai masalah saat menggunakan laptopnya.

Keadaan laptop yang cepat panas merupakan salah satu masalah yang paling banyak dihadapi oleh pengguna laptop sehingga mereka baru mencari solusi dan cara agar laptop tidak cepat panas, bahkan ada juga yang mencari software agar laptop tidak cepat panas. Padahal laptop yang sudah terlanjur cepat panas seperti ini cukup sulit dikembalikan seperti semula dan satu-satunya jalan adalah dengan melakukan service atau penggantian sparepart.

Cara-Agar-Laptop-Tidak-Cepat-Panas-atau-Overheat-Berisik-dan-Mati-Sendiri-min Kenapa Laptop Cepet Panas? Berikut Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Kondisi laptop yang cepat panas dapat mengakibatkan sebagai pemicu masalah lain yang serius hingga mengakibatkan laptop tidak dapat digunakan, oleh karena itu laptop yang cepat panas cukup berbahaya jika tidak segera ditangani.

baca juga: Tips mempercepat kinerja Windows 7

Bahaya laptop panas sangatlah banyak karena selain dapat merusak sistem laptop yang panas juga dapat merusak hardware yang ada pada laptop, untuk mengetahui lebih banyak mengenai akibat yang dapat ditimbulkan dari laptop yang panas berikut terdapat beberapa mengenai bahaya laptop panas.

  • Sering terjadi hang atau lag saat laptop digunakan
  • Sistem tidak merespon secara dengan cepat ahkan tidak merespon sama sekali
  • Terjadi Black Screen saat menghidupkan laptop
  • Semua tombol tidak akan berfungsi atau macet
  • Kipas akan bekerja lebih keras ditandai dengan suara kinerja kipas yang terdengar lebih keras
  • Dan yang paling fatal dapat merambah atau merusak hardware sehingga laptop tidak dapat dihidupkan sama sekali
  • Laptop yang cepat panas mudah berisik dan mati sendiri

Setelah mengetahui berbagai bahaya laptop panas maka kita harus mencegah agar laptop tidak cepat panas dengan cara penggunaan dan perawatan yang benar.

Antara penyebab laptop overheat atau cepat panas itu sendiri biasanya karena sobat menggunakan laptop diatas kasur atau menggunakan laptop diatas bahan yang bisa menutupi ventilasi udara, contohnya diatas kasur. Penyebab lainnya adalah penggunaan laptop yang terlalu over, misalkan digunakan untuk bermain game berhari-hari.

simak yuk: Cara cepat menghilangkan virus di laptop secara otomatis

Terus gimana cara mengatasi laptop cepat panas atau overheat, berisik dan mati sendiri? Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Bersihkan ventilasi udara dan kipas yang ada pada laptop secara berkala.
  • Mengganti Thermal Paste laptop / komputer (semacam gel yang terletak di bagian atas processor) secara berkala, bagi yang tak berani bongkar pasang laptop gunakan laptop secara teratur dan tidak memaksakan saat baterai sudah habis dengan tetap menggunakannya bersamaan saat dicharging
  • Gunakan cooling pad untuk menurunkan suhu laptop yang terlalu panas
  • Jangan terlalu sering menggnakan beberapa aplikasi secara bersamaan
  • Segera tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak membebani kerja processor
  • Gunakan fitur “power saver”atau bila mungkin “highly power saver” pada menu power plan yang tersedia pada OS Windows 7 keatas

Itulah beberapa mengatasi atau cara agar laptop tidak cepat panas. Namun selain itu terdapat satu tips lagi agar laptop yang digunakan tidak cepat panas atau overheat, cara tersebut adalah mengistirahatkan laptop dengan cara mematikannya secara penuh karena dengan mengistirahatkan laptop maka komponen di dalamnya juga akan berhenti bekerja secara penuh kemudian taruh di tempat yang terbuka dan sejuk agar suhu panas yang ada dalam laptop dapat segera menurun.

Cara ini berlaku untuk semua jenis mereka laptop termasuk laptop acer cepat panas, asus, lenovo dan lain sebagainya.


Kenapa Laptop Cepet Panas? Berikut Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas | | 4.9