Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis

Myspesifikasilaptop.com – Jika komputer atau laptop berjalan sangat lambat dan ada file yang tidak bisa dipasang atau dibuka, maka bisa diduga bahwa mesin tersebut telah terkena virus. Maka kita perlu mencari cara menghilangkan virus dengan software antivirus yang bisa di download secara gratis di internet.

Virus yang sudah bersarang dalam laptop bisa menyebabkan status file tersembunyi atau tidak bisa terlihat serta akan menganggu software dan akan mengurangi performa mesin. Selain itu juga bisa merusak software dan akan menggerogoti serta mengikis usia komponen-komponen atau sparepartnya.

Kita memerlukan software antivirus untuk menghapus virus yang ada di mesin agar tidak segera menjalar ke seluruh bagian perangkat keras dan lunak. Antivirus yaitu software yang bisa mendeteksi dan menghilangkan virus. Software ini akan melakukan scan secara otomatis jika mesin terkena virus.

Windows merupakan OS yang paling rentan terkena virus sehingga kita harus selalu hati-hati dan waspada dengan melakukan persiapan untuk selalu menggunakan antivirus. Software antivirus bisa di download dengan gratis dan mudah, namun agak sulit menentukan antivirus yang cocok dipakai pada komputer.

Hal-Hal Penting Dalam Memilih Software Untuk Menghilangkan Virus

Virus-Laptop Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis

  1. Fasilitas Antivirus

Antivirus yang baik memiliki fasilitas yang bisa mendeteksi, membersihkan, memblokir, karantina dan fasilitas lainnya. Jika memiliki banyak fasilitas, maka termasuk sebagai antivirus yang bagus dan bisa kita andalkan untuk memproteksi laptop atau komputer kita tanpa perlu khawatir lagi.

Jika fasilitas yang tersedia sangat lengkap untuk membersihkan virus yang ringan maupun berat, maka kita tidak memerlukan antivirus lainnya. Sebaiknya memilih software yang memiliki semua fasilitas agar kita tidak perlu menggunakan software lainnnya. Cukup satu saja agar tidak mengurangi performa mesin.

  1. Tidak Memberatkan Mesin

Biasanya file antivirus sangat berat bagi mesin karena software ini akan bekerja jika sedang online atau ketika tersambung internet untuk mendeteksi setiap kegiatan yang kita jalankan. Jika ada sebuah ancaman virus yang akan masuk, maka antivirus dengan cepat akan memberi peringatan darurat.

Jika kita menggunakan mesin dengan spesifikasi tinggi, maka bisa bebas untuk memilih antivirus. Namun jika kita menggunakan mesin dengan spek yang rendah, sebaiknya memilih antivirus yang ringan saja agar tidak memberatkan kerja processor.

  1. Antivirus yang Membersihkan dan Tidak Menghapus File

 Antivirus spesialis untuk virus yang berat biasanya tidak pandang bulu dan akan menghapus semua file yang sudah terkena virus tanpa ampun. Hal ini bisa merusak sistem operasional mesin komputer, karena kita bisa kehilangan file yang sangat penting dan yang selalu digunakan.

Lebih baik memilih antivirus yang memiliki fasilitas hanya menghilangkan virus saja tanpa perlu menghapus file yang kemasukan virus. Tentu saja kita tidak akan kehilangan file-file yang penting karena yang akan dihapus hanya virusnya saja dan biasanya ada pilihan menu sebelum menghapus virus yang terdeteksi.

  1. Sesuaikan Penggunaan

Mencari software antivirus yang sesuai dengan kebutuhan dengan penggunaan komputer. Jika kita sering berselancar di internet, lebih baik memilih antivirus yang bisa mendeteksi website-website. Apakah website yang akan kita akses membawa virus atau tidak sehingga bisa menghindari website tersebut.

Jika penggunaannya untuk bermain games, maka mencari antivirus yang khusus untuk mendeteksi virus dalam games. Jika penggunaannya hanya untuk perkantoran, tentu saja memilih software yang lebih khusus untuk kebutuhan kantor saja. Karena setiap software memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  1. Sesuaikan dengan Sistem Operasi

Cara-Menghilangkan-Virus-OS Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis

Tidak semua sistem operasi bisa kompatibel dengan software antivirus. Tentu saja kita harus bisa memilih software yang pemakaiannya cocok di gunakan untuk OS yang ada di komputer. Hal ini untuk menghindari kerja mesin makin berat. Selai itu antivirus tersebut bisa bekerja dengan maksimal.

Jika kita memaksakan antivirus dengan OS kita walaupun tidak cocok, maka hanya akan membuat performa mesin terganggu. Selain itu, ketika melakukan loading boot menjadi agak lama karena ada software yang tidak cocok. Hal ini akan berefek pada daya tahan dan keawetan spareparts jadi berkurang.

  1. Software Memiliki Sertifikat dari Lembaga Antivirus

Ada lembaga penguji software antivirus diinternet seperti website Westcoastlabs.org yang bisa melakukan pengujian tentang layak atau tidaknya sebuah antivirus. Kita bisa menguji antivirus yang akan digunakan melalui website tersebut. Sebagai penegasan bahwa software tersebut tidak berbahaya jika digunakan.

Selain itu, ada lagi lembaga-lembaga lainnya yang menguji kelayakan software antivirus yang bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam memilih software. Lembaga penguji tersebut antara lain Checkmark, ICSA Labs, AV-Test dan NSS Labs. Ini adalah sertifikat lolos uji sebagai tanda software tersebut aman di pakai.

  1. Fasilitas Pendukung

Salah satu cara untuk mengetahui software antivirus yang baik yaitu adanya fasilitas-fasilitas lain yang sangat mendukung. Fasilitas pendukung tersebut seperti anti spam, Firewall, Parental Control, Internet Control, Automatic Backup data, Spyware Removal, Spam Filters dan yang lainnya.

Fasilitas pendukung bermanfaat jika suatu saat kita membutuhkannya, apalagi jika kita sering surfing internet, maka kita sangat memerlukannya. Fasilitas tersebut bisa mendeteksi adanya spam serta bisa membackup semua file dan juga melakukan backup semua software yang ada di komputer.

  1. Update Otomatis

Cara-Menghilangkan-Virus-Automatic-Update Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis

Software antivirus selalu berkembang setiap saat dan tentunya kita tidak bisa mengetahui akan hal itu. Antivirus yang bagus akan ada pemberitahuan agar pengguna melakukan update karena kemampuan dan fasilitas software telah di tingkatkan. Virus dan software antivirus selalu berkembang mengikuti waktu.

Jika kita tidak selalu update antivirus, maka software yang kita punya bisa kalah dengan virus keluaran terbaru. Karena bentuk virus juga semakin canggih dan  menjalarnya juga bisa melalui berbagai cara. Kita hanya perlu meningkatkan kewaspadaan dengan selalu melakukan update antivirus jika ada pemberitahuan.

Banyak sekali software antivirus yang tersebar di internet, software tersebut  ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Untuk mendapatkan software yang gratis memang mudah sekali, namun kita harus berhati-hati jika mencari dengan cara gratis, karena bisa terjebak dengan antivirus palsu.

Beberapa Antivirus Terkenal dan Banyak Penggunanya

Cara-Menghilangkan-Virus-di-Laptop Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis

  1. Windows Defender

Ini adalah Software antivirus buatan Microsoft yang sangat kompatible dengan semua Windows. Jika kita membeli Windows yang Genuine, maka kita akan mendapatkan antivirus Windows Defender Pro bawaan  yang di lengkapi dengan fasilitas Firewall dan Anti Spam yang cukup untuk memproteksi komputer kita.

  1. Avast

Antivirus ini memang sangat terkenal karena filenya sangat ringan dan tidak membebani Harddisk serta tidak memberatkan kerja processor. Jika kita ingin menjaga performa mesin agar kecepatannya tidak berkurang, maka Avast cocok sekali untuk digunakan.

  1. BitDefender

Software ini juga memiliki file yang ringan dan hanya fokus untuk menghilangkan virus saja tanpa ada fasilitas lainnya. Jika kita mau memproteksi komputer dengan aman dan tidak kehilangan banyak ruang Harddisk, maka antivirus BitDefender bisa menjadi pilihan.

  1. Avira

Antivirus ini memang sangat terkenal dan banyak sekali penggunanya. Software Avira sangat sensitif jika mendeteksi adanya virus dalam laptop. Software ini memang lengkap dengan semua fasilitas mengenai virus, namun filenya agak berat dan loadingnya juga agak lama.

  1. AVG

Kelebihan antivirus ini memiliki file yang berat dan bisa mendeteksi website yang mengandung virus yang akan berbahaya jika di akses. AVG akan memberi peringatan atau melakukan block pada browser agar kita membatalkan untuk mengaksesnya karena bisa terserang virus.

  1. McAfee

File antivirus ini ukurannya sedang-sedang saja dan tidak begitu memberatkan Harddisk. Software ini termasuk salah satu yang lengkap dari sekian banyak antivirus dengan menu dan fasilitasnya sehingga banyak orang di seluruh dunia yang menggunakannya.

     7. Kaspersky

Kemampuan antivirus ini bisa di andalkan dan sangat baik untuk melindungi mesin komputer dari serangan virus. Selain itu, update software bisa di lakukan secara otomatis dengan membuat jadwal. Kelamahannya adalah, filenya agak berat sehingga bisa mengurangi performa mesin.

  1. Norton

Software ini memang harganya mahal, namun kita tidak akan kecewa dengan kemampuannya yang sangat berbeda dengan antivirus lain. Proses install software yang sangat cepat dan filenya tidak begitu berat. Jika ada virus yang akan masuk, maka bisa di halangi dan mesin akan tetap terlindungi.

      9. Smadav

Ini adalah software antivirus buatan Indonesia dan hasil karya anak-anak dari Kalimantan. Software ini sangat ringan dan kemampuannya tidak kalah dengan antivirus luar negeri. Smadav sangat sensistif dan akurat untuk mendeteksi flashdisk, USB serta device jika di dalamnya mengandung virus.

Jika kita menggunakan software antivirus dan tidak lupa untuk rutin melakukan update, maka mesin komputer akan terbebas dari virus. Pada dasarnya, serangan virus berasal dari sektor luar, seperti ketika mendownload, flashdisk, kabel USB, terjebak website yang mengandung virus dan lainnya.

Jika mengetahui bahwa mesin komputer mengalami hal yang tidak beres, segera saja melakukan scan semua file dan tunggu sampai selesai. Jika ada laporan bahwa komputer kemasukan virus, maka segera menghapusnya dengan cara menghilangkan virus saja tanpa mendelete file yang terserang.

Baca juga: Tips cara mempercepat laptop dan komputer

hyden06
hyden06

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer secara Otomatis | | 4.9