Tips & Cara Menghindari Virus Komputer dan Laptop yang Berbahaya

Myspesifikasilaptop.com – Selain melakukan update antivirus secara rutin, tentu saja kita juga harus mengetahui cara menghindari virus komputer dan laptop. Selama kita masih melakukan kegiatan pada komputer terutama browsing, masih ada peluang untuk bisa kemasukan virus. Kedatangan sebuah virus memang bisa terjadi melalui berbagai cara, baik dari luar ataupun dari dalam.

Virus yang telah masuk ada yang langsung bisa terdeteksi dan adapula yang tiba-tiba sudah berada didalam komputer tanpa kita ketahui. Semua itu tergantung dari antivirus yang digunakan, apakah antivirus tersebut sangat sensitif dalam mendeteksi adanya virus yang masuk atau tidak.

Kita juga harus selalu waspada dan jangan terlalu mengandalkan antivirus yang digunakan, karena virus juga selalu dikembangkan oleh pemiliknya. Tujuannya agar bisa mengelabuhi ketika masuk pada komputer atau laptop dan tidak bisa terdeteksi oleh antivirus, lalu bisa masuk dengan bebas dan tidak terbaca.

Langkah terbaik adalah menghindari virus agar jangan sampai masuk kedalam laptop atau komputer. Karena sebuah virus tentu saja tidak datang dengan sendirinya dan melalui berbagai cara baik dari kesalahan kita dengan sengaja maupun tidak sengaja. Ada beberapa hal agar bisa terhindar dari virus ketika menggunakan laptop dan komputer.

Tips Menghindari Virus pada Komputer dan Laptop

Cara Menghindari Virus Komputer dan Laptop

 

1.Update Windows

Windows merupakan sistem operasi yang rentan terkena serangan virus karena keamanannya mudah ditembus para hacker untuk menyebarkan virus yang mereka buat. Untuk itu kita perlu mengupdate Windows secara rutin. Hal ini karena Windows juga selalu melakukan upgrade software baru, agar kualitasnya semakin maju dengan teknologi baru terutama untuk meningkatkan keamanan pada virus.

Para hacker selalu berusaha untuk mencari celah pada Windows agar bisa menanamkan virusnya, karena sistem operasi ini yang paling banyak digunakan pada laptop dan komputer diseluruh dunia. Selalu melakukan checking data atau scan terutama pada localdisk C agar bisa tahu apakah ada file yang tersembunyi atau mencurigakan.

2. Teliti Ketika Memasang External Storage

Melakukan transfer data melalui flashdisk kedalam laptop memang sangat berbahaya karena dari sini virus bisa masuk dengan leluasa walaupun tidak terhubung dengan internet. Lebih baik melakukan scan terlebih dahulu pada flashdisk tersebut sebelum melakukan pemindahan data menuju komputer.

Menyambungkan kabel USB yang terhubung pada Smartphone juga salah satu cara virus bisa masuk pada komputer. Jika kita sering melakukan hal ini, maka perlu memasang software Deep Freeze sehingga semua file baru yang telah masuk agar bisa terhapus secara otomatis dan kembali pada keadaan semula atau setting default ketika shutdown.

3. Hati-hati Ketika Mendownload

Mengunduh file atau software secara gratis memang hal yang sangat disukai ketika browsing. Hal ini bisa saja akan menginjak ranjau karena dalam file tersebut sudah diselipkan virus yang siap memangsa komputer. Biasanya hal ini bisa terjadi ketika mendownload dari sebuah website yang tidak memiliki reputasi baik atau situs yang tidak terkenal.

Usahakan dalam mendowload file melalui website yang terpercaya saja atau membeli software yang original dari sumbernya langsung agar lebih aman. Membeli software dari sumber aslinya adalah cara menghindari virus pada Laptop atau komputer yang paling efektif. Karena virus yang ditanamkan pada sebuah software biasanya virus yang ganas dan sulit untuk dihapus dengan antivirus biasa.

4. Email yang Menyertakan Alamat Link

Setiap kiriman email yang masuk dengan melampirkan alamat link atau signature memang perlu dicurigai karena hal ini cara yang paling ampuh untuk mengirimkan virus. Jika membuka email dan menemukan dalam email tersebut menyertakan alamat situs, maka perlu berhati-hati sebelum melakukan klik pada link tersebut. Sebaiknya periksa dahulu pihak pengirim email tersebut agar bisa tahu identitasnya dengan jelas.

Biasanya email tersebut bisa datang karena kita melakukan subcribes atau berlangganan pada sebuah blog atau website. Sebaiknya berlangganan pada blog yang telah memiliki reputasi yanag bagus, baik dimata pengunjung ataupun pada halaman pencarian Google.

5. Website yang Mengandung Malware

Jika kita sedang melakukan browsing, kadang akan menemui sebuah website yang mengandung virus. Jika kita menggunakan antivirus yang sensitif, pasti akan ada peringatan berbahaya. Jika browser yang kita pakai melalui mesin pencari Google, pasti juga akan ada warning dari pihak Google agar tidak mengunjungi website tersebut.

Website seperti itu biasanya yang memiliki iklan pop up ataupun iklan yang sifatnya mengajak para pengunjung untuk mendownload sebuah software. Dan didalam software tersebut sudah ada virus yang sudah menanti untuk diajak masuk melalui download tersebut.

6. Scan Secara Rutin

Melakukan scan dengan teratur merupakan cara terbaik untuk bisa mengecek kesehatan laptop dan komputer. Jika terdeteksi adanya virus maka segera bisa ditangani sebelum menjalar dan bertambah parah. Dengan scan secara rutin, maka bisa terlihat virus yang tersembunyi dan bisa segera memusnahkannya. Tetap untuk melakukan scan secara terus menerus agar bisa mengetahui apakah masih ada virus yang tersembunyi lainnya.

Melakukan scan tidak membutuhkan waktu yang lama, namun banyak orang yang enggan melakukannya. Hal ini karena menunggu laptop ketika sedang menjalankan scan memang hal yang menjemukan. Namun jika kita mengetahui betapa pentingnya dan manfaat dari kesehatan laptop yang digunakan, maka scanning tentu saja wajib hukumnya.

7. Update Antivirus

Virus selalu diupdate para pembuatnya agar bisa membongkar pertahanan antivirus dengan mudah. Begitu pula pada antivirus, pemiliknya juga selalu melakukan update softwarenya untuk memperkuat pertahanannya agar semakin kokoh dan bisa menjadi pertahanan yang kuat dan dipercaya oleh setiap pengguna laptop dan komputer.

Jika antivirus tidak melakukan update software, maka virus yang telah dikembangkan agar lebih cerdas dan melampaui kemampuan dari antivirus bisa menjebol pertahanan dengan mudah. Sebaiknya memilih antivirus yang selalu up to date agar sistem pertahanan selalu berkembang dan kemampuan pertahanannya selalu berada diatas kemampuan virus.

Usaha-usaha sebagai cara menghindari virus komputer dan laptop ini tentunya harus ditanamkan agar lekat dipikiran kita sehingga tidak sembarangan dalam menggunkan laptop. Apalagi jika sering browsing dan suka dengan kegiatan download, karena lebih banyak virus datang melalui jalur internet.

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus di Laptop dan Komputer

hyden06
hyden06

Tips & Cara Menghindari Virus Komputer dan Laptop yang Berbahaya | | 4.9