Peranan Pulsa dan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari di Desa

Myspesifikasilaptop.com – Sekarang ini perkembangan teknologi sangat terasa dan nyata di depan mata. Antara teknologi yang paling terasa perkembangannya di semua lapisan masyarakat adalah pada perkembangan handphone. Seperti yang kita ketahui bahwa handphone adalah salah satu alat komunikasi yang sudah sangat populer. Sangking populernya perkembangan handphone yang dahulunya hanya digunakan untuk keperluan komunikasi yakni SMS, MMS dan telfon saja, sekarang ini sudah dikembangkan hingga menjadi perangkat pintar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, perangkat ini disebut dengan smartphone.

Dimana ada HP, Disitu Perlu Pulsa !

Seiring berjalannya waktu, handphone seakan menjadi barang wajib yang harus di miliki oleh setiap kalangan. Sehingga jika dahulunya manusia memiliki 3 kebutuhan primer yakni sandang, pangan dan papan, maka sekarang ini bertambah menjadi 4 kebutuhan primer, yakni sandang, pangan, papan dan handphone. Mungkin hal ini juga anda rasakan saat ini, tidak terkecuali saya sendiri. Namun, memiliki handphone atau smartphone canggih sekalipun, rasanya tidak akan berguna tanpa adanya pulsa didalamnya. Ya, Pulsa dan HP memang 2 hal yang tidak dapat terpisahkan, dimana keduanya saling membutuhkan. Dengan adanya pulsa di handphone semuanya akan menjadi lebih mudah.

Peranan%2BPulsa%2BInternet Peranan Pulsa dan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari di Desa

Pulsa dan Internet

Perkembangan HP dipedesaan ternyata cukup baik. Bahkan menurut pengamatan di lingkungan kampung saya, hampir rata-rata setiap rumah sudah memiliki HP atau smartphone. Hal ini bermakna, setiap rumah pasti memerlukan pulsa, entah itu pulsa elektrik atau pulsa biasa. Hal ini masih ditambah lagi dengan ngetrendnya ragam jejaring sosial, aplikasi gratis dan semua serba online, sehingga membuat keberadaan internet di desa sudah sangat dibutuhkan.

Pengalaman saya sendiri, saat ini saya menggunakan 2 smartphone dan sebuah laptop, masing-masing harus saya beri makan, yakni berupa pulsa dan paket internet (kebutuhan wajib saya). Dulu, semasa saya masih tinggal di kota (merantau), pulsa dan paket internet bukanlah masalah, karena umumnya pulsa murah masih sangat mudah ditemukan. Hal ini karena di kota dulu saya tinggal, hampir semua provider kartu GSM memiliki jaringan yang bagus, sehingga sangat leluasa untuk memilih provider GSM yang menjual paket internet yang pas di kantong.

Peranan Internet untuk Mahasiswa dan Blogger Desa

Di tahun 2014 lalu, saya memutuskan untuk kembali ke desa untuk melanjutkan kuliah, dan dunia gelap berawal disini. Kenapa? Masalah terbesar adalah masalah internet mahal dan dijual dengan harga yang tidak stabil. Ditambah lagi kebutuhan akses internet sebagai blogger yang memerlukan banyak referensi dan tutorial, ikut kontes serta kegiatan SEO lainnya yang tentunya sangat banyak memakan kuota. Meskipun hingga saat ini saya belum pernah mendapatkan uang dari aktifitas blogging, namun saya masih tetap enjoy dan berusaha (“Hasil tidak akan pernah mengingkari usaha”). Disisi lain aktifitas kampus juga memerlukan internet. Hal ini karena, semua materi kuliah dan tugas sepenuhnya di upload dalam website kampus, sehinga mau tidak mau membutuhkan paket internet agar bisa mengaksesnya.

Aktifitas blogging ini tentunya tidak lepas dari peranan pulsa yang saya gunakan untuk membeli paket internet. Menggunakan kuota internet untuk aktifitas blogging, saya katakan sangat boros. Tidak jarang, saya harus membeli pulsa malam-malam ke konter terdekat agar bisa nge-blog lagi. Namun, mahalnya paket internet di desa membuat saya terkadang merasa resah dan berharap adanya pulsa murah jakarta untuk internetan. Bayangkan saja, untuk membeli pulsa internet sebesar 3 GB, saya harus membayar setidaknya 55 ribu. Kuota tersebut biasanya akan habis dalam waktu 1 minggu, jadi dalam 1 bulan setidaknya saya harus membayar 220 ribu agar bisa nge-blog dan menggunakan internet.

Mungkin harga tersebut tidak berarti untuk orang yang berduit atau orang tinggal di kota, namun itu sangat berarti bagi saya yang hidup di desa.Mungkin ada yang bertanya “Kenapa ngak mencoba provider kartu lain?”, “Kenapa ngak pasang internet rumah?”. Jawabannya adalah provider yang saya gunakan saat ini adalah satu-satunya provider yang memiliki jaringan terbaik di area rumah (yang lain masih sangkut di pohon bambu). Alasan kenapa tidak menggunakan internet rumah adalah pada biayanya yang cukup mahal dan jangkauan kabel fibel yang jauh dari area rumah. Selain itu, jika saya menggunakan internet rumah, saya juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli pulsa pada 2 smartphone yang saya gunakan ketika di kampus atau di luar rumah.

Harapan saya sebagai penduduk desa adalah semoga pulsa murah jakarta atau pulsa elektrik jakarta dapat menyebar luas hingga area desa. Selain itu pemerataan internet di desa juga perlu di lakukan agar semua lapisan masyarakat dapat merasakan betapa mudahnya semua dengan internet. Dengan internet kita jadi tahu, bahkan dengan internet bisa mencari rezeki.

Demikian pengalaman saya mengenai Peranan Pulsa dan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari di Desa. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca.


Peranan Pulsa dan Internet dalam Kehidupan Sehari-hari di Desa | | 4.9