Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10

Myspesifikasilaptop.com – Menggunakan komputer atau laptop memang sangat menyenangkan. Karena dengan bantuan alat elektronik ini, pekerjaan kita bisa menjadi lebih mudah. Namun jika performa komputer atau laptop yang kita pakai tidak bekerja secara maksimal dan berjalan lambat. Maka hal ini bisa menghambat waktu dan merasa jemu karena menunggu loading yang terlalu lama.

Sebenarnya kinerja komputer dan laptop bisa kita optimalkan agar mampu berjalan dengan lancar tanpa mengalami masalah. Tentu saja ada beberapa cara dan tips mempercepat komputer dan laptop, agar mesin bisa melaju dengan lebih kencang.

Cara & Tips Mempercepat Komputer dan Laptop 

Tips-Mempercepat-Komputer-dan-Laptop Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10

Processor

Processor berbentuk sebuah chip berupa IC (Integrated Circuit) yang berada pada pusat motherboard. Processor berfungsi untuk mengendalikan semua sistem kerja komputer, atau yang menjadi otak sebuah komputer. Tugas processor adalah untuk membagi perintah dan melakukan pemprosesan data ke seluruh perangkat komputer.

Processorlah yang menopang memori dari semua aplikasi yang berjalan, semakin banyak aplikasi yang di jalankan maka makin berat beban processor, sehingga mengakibatkan loading komputer menjadi lambat.

Cara Meringankan Beban Processor

  1. Lebih baik menonaktifkan hardware tambahan yang tidak penting atau yang tidak pernah di gunakan seperti flashdisk atau DVD yang masih aktif.
  2. Jangan membiasakan untuk meninggalkan komputer atau laptop ketika sudah tidak di pakai dalam keadaan hidup. Jika memang sudah tidak memakainya lagi, lebih baik matikan saja atau di shutdown.
  3. Hapus saja semua aplikasi yang sudah tidak di gunakan lagi atau yang di anggap sebagai file yang tidak penting.
  4. Jika aplikasi di menu desktop terlalu banyak, maka akan menyebabkan mesin menjadi lambat dalam star up ketika loading untuk menampilkan Windows atau OS lainnya.

Harddisk

Harddisk adalah perangkat keras berupa memori penyimpanan utama semua data, seperti aplikasi, gambar, software,video dan data lainnya. Semua data yang tersimpan tidak akan hilang sebelum di hapus. Processor akan memanggil data yang ada di Harddisk untuk di munculkan sesuai dengan perintah.

Jika umur Harddisk sudah tua dan tidak pernah di rawat, maka akan memperlambat kerja processor dan mengakibatkan loading yang lama. Selain itu, jika ruang penyimpanan Harddisk sudah penuh, maka akan memberatkan kinerja processor dan bisa menyebabkan crash atau error.

Cara Merawat Harddisk

Cara-Merawat-Harddisk Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10

  • Menjaga suhu Harddisk

Usahakan agar kipas angin (fan) berjalan dengan baik, lebih baik lagi jika mau memberikan kipas tambahan. Mencari tempat yang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Untuk komputer, lebih baik dengan membuka casing saja agar mesin bisa mendapatkan semakin banyak udara.

Sedangkan untuk laptop, lebih baik menggunakannya di luar ruangan atau tempat yang luas, sehingga bisa mendapatkan udara yang cukup. Selain itu, selalu memeriksa rongga-rongga udara agar tidak tersumbat, sehingga udara panas bisa keluar dan mesin tidak mengalami overheating.

  • Menghindari Guncangan

Bagi komputer, mungkin tidak akan sering mendapatkan guncangan karena terpaku pada satu tempat. Sedangkan untuk laptop, karena sering di bawa kemana mana maka akan mendapatkan banyak guncangan, terutama ketika naik kendaraan atau terjatuh.  Tentu saja Harddisk akan cepat rusak jika sering terguncang. Usahakan untuk berhati-hati ketika membawa laptop. Hal ini sudah bisa di atasi oleh Laptop Toshiba Core i7 yang sudah menggunakan pelindung Harddisk sehingga bisa meminimalisir efek guncangan.

  • Membuat Partisi

Partisi Harddisk adalah cara untuk membagi ruang penyimpanan agar file yang tersimpan bisa tertata rapi. Dengan melakukan partisi, kita bisa lebih cepat ketika ingin mencari data serta tidak kebingungan dalam mengolah data. Namun jangan terlalu banyak membuatnya, dua partisi saja sudah cukup.

  • Defragment Harddisk

Defragment adalah tips mempercepat komputer dan laptop untuk memanage semua file yang tersimpan agar tidak berantakan sesuai dengan urutan. Selain itu, Defragment juga berfungsi bisa mengurangi resiko kerusakan Harddisk (Bad sector). Bad sector yaitu hilangnya kapasitas pada Harddisk karena kerusakan perangkat atau Corrupt data.

Tentukanlah jadwal untuk melakukan defragmentation secara rutin setiap 2 atau 3 bulan. Pada Windows 7, sudah ada tools untuk membuat jadwal Defrag secara otomatis, sehingga kita tidak perlu melakukannya dengan cara manual.

Hapus File Yang Tidak Penting

Jika ada file yang jarang di gunakan, sebaiknya untuk menghapus saja agar ruang Harddisk semakin luas dan loading semakin cepat. Jika ruang kosong lebih banyak dari file yang tersimpan, maka Harddisk bisa bekerja secara maksimal.

Mengoptimalkan Kinerja RAM

Cara-Mengoptimalkan-Kinerja-RAM Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10

Tips mempercepat komputer dan laptop selanjutnya adalah mengoptimalkan kinerja RAM. RAM adalah hardware yang berupa memori seperti Harddisk, namun cara kerjanya berbeda. RAM hanya akan menyimpan program data ketika mesin sedang menyala. Ketika komputer atau laptop sudah mati, maka data penyimpanan pada RAM akan hilang. Cara kerjanya adalah menyimpan dan mentransfer perintah kepada processor agar bisa di olah VGA yang akan di tampilkan secara visual pada layar monitor.

Semakin besar kapasitas RAM, maka akan cepat pula processor untuk menerima perintah dan loading mesin tidak terlalu lama. Untuk itulah kita perlu RAM dengan kapasitas yang besar agar kinerja mesin tidak terhambat. Karena jika ruang penyimpanan RAM sudah penuh, maka secara otomatis akan membuat virtual memory. Ruang penyimpananya mengambil dari Harddisk. Hal ini akan menyebabkan Harddisk ikut-ikutan bekerja keras, sehingga bisa cepat rusak.

Pada motherboard komputer, biasanya tersedia dua slot RAM, sehingga bisa dengan mudah menambahkan slot yang kosong dengan RAM yang baru. Namun pada laptop, biasanya hanya ada satu slot saja, sehingga kita perlu mengganti RAMnya dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, mengganti RAM pada laptop tentu saja harus di lakukan oleh orang yang ahli, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Pengoptimalan VGA Card

VGA (Video Graphics Adapter) adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan perintah dalam bentuk visual yang berupa gambar, teks maupun video pada monitor. Pada komputer ataupun laptop, sudah ada VGA bawaan sehingga bisa memunculkan output visual agar layar monitor tidak menjadi blank.

Namun jika VGA bawaan tidak memiliki performa yang tinggi, maka hanya bisa menampilkan gambar atau video yang berkualitas rendah. Jika di paksa untuk menampilkan gambar 3D atau video dengan kualitas HD, maka akan membebani kerja processor, sehingga mengakibatkan loading yang terlalu lama.

Tips mempercepat komputer dan laptop agar kerja mesin lebih cepat adalah menggunakan VGA yang berkualitas tinggi. Untuk komputer atau PC bisa menambahkan VGA Card baru agar kinerja mesin bisa stabil. Namun pada Laptop, tentunya untuk memilih brand yang memiliki VGA berkualitas. Biasanya, laptop dengan VGA bawaan yang berkualitas harganya sangat mahal dan lebih khusus pada laptop gaming atau design grafis saja.

Selain itu, suhu VGA perlu di jaga dengan baik agar tidak cepat panas. Untuk komputer, bisa menambahkan heatsink atau kipas agar suhu udara bisa stabil. Sedangkan pada laptop, bisa menambahkan cooling pad atau membeli laptop yang memiliki perangkat ice coller seperti pada merk ASUS yang khusus untuk gaming.

Virus

Adanya virus dalam komputer atau laptop juga bisa menjadi penyebab performa mesin sangat lambat. Keberadaan virus sangat mengganggu kinerja mesin dan virus bisa menggandakan diri serta menyebar untuk merusak perangkat hardware maupun software.

Virus-Laptop Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10

Banyak sekali penyebabnya mengapa komputer atau laptop kita bisa kemasukkan virus. Hal ini bisa terjadi ketika sedang mendownload file di internet atau melalui flashdisk yang sudah terjangkit virus serta hal-hal lainnya. Karena itu, kita harus memiliki software anti virus dan melakukan scan secara rutin untuk mendeteksi adanya virus.

Dalam memilih anti virus, tentu saja untuk mencari software yang tidak memberatkan mesin, karena banyak sekali anti virus yang memiliki tools yang berat sehingga malah akan menambah beban saja pada kecepatan loading.

Ekstensi Browser

Menggunakan fitur tambahan add ons atau ekstensi pada browser juga bisa memberatkan kinerja mesin. Semakin banyak ekstensi yang ada pada browser, hanya akan menjadi beban ketika menjalankan browser tersebut. Hal ini akan membuat mesin bekerja ekstra keras dari yang seharusnya, sehingga hanya akan menyebabkan mesin berjalan sangat lambat.

Disk Cleanup

Disk cleanup akan membantu menghapus file-file sampah yang akan membebani Harddisk. Semakin sering menggunakan Disk cleanup, maka harddisk akan menjadi bersih dari file-file yang tidak penting. Sebenarnya tips mempercepat komputer dan laptop tidaklah sulit asalkan kita mau berinvestasi dengan membeli spareparts tambahan sebagai pendukung agar mesin bisa melaju lebih kencang. Jika kita mengetahui spesifikasi laptop dan mesin komputer yang dimiliki, tentu kita akan menggunakannya sesuai dengan kemampuannya. Dan tidak akan memaksa mesin untuk bekerja terlalu keras.

Baca juga : Tips membeli laptop baru dan bekas agar tidak tertipu

hyden06
hyden06

Tips Mempercepat Komputer dan Laptop Windows 7/8/10 | | 4.9